Jumat, 02 September 2011

Analisa Promosi Produk !

          Bismillah !

          Untuk pembukaan, pertama saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang membantu dalam menganalisa produk ini. Pertama Allah SWT, dll.

          Analisa saya yaitu tentang produk rokok yang hmm sepertinya rokok ini asing buat saya ! yaitu MATRA (Mantap Terasa),










mari ikuti analisa saya :
> 1. Jika dilihat dari seberapa sering MATRA mempromosikan / mengiklankan produknya di TV, maka bisa dibilang bahwa rokok ini bukanlah produk yang tenar di mulut para perokok yang khususnya berada di Jakarta dan sekitarnya.
> 2. Rokok ini adalah salah satu produk lokal. Timbul pertanyaan : "Dari mana anda (ilham) tahu kalau rokok ini produk lokal ?" Jawaban dari pertanyaan ini, saya simpulkan pada analisa saya yang ketiga.
> 3. Bisa dihitung dalam satu tahun MATRA mengiklankan produknya lebih kurang hanya satu bulan, dan jika dilihat, MATRA mengiklankan produknya hanya di sekitar / sebelum / saat bulan puasa saja. Mengapa demikian ? dari kesimpulan yang saya ambil, karena orang - orang dan khususnya bagi perokok yang berada di Jakarta dan sekitarnya yang ingin pulang kampung / mudik dan juga bagi mereka yang mendengar / melihat produk MATRA sebelumnya, mereka secara sadar / tidak sadar, sedikit / banyak, terpengaruh / tidak terpengaruh di benak kepala mereka akan terbesit : "iklan apa nih ?" atau "rokok apa nih ?" atau "bodo ahh !" atau mungkin dihiraukan hhe. Saya sudah melakukan beberapa survei ke Supermarket, warung rokok pinggir jalan dan ke agen - agen rokok di pasar yang ada di Jakarta dan sekitarnya (walau tidak setiap pelosok hhe) dan saya minta antar sama cing saya (males klo sendirian hhe), dan hasilnya : semua sama, menjawab "tidak ada", dari hasil itu saya simpulkan bahwa rokok ini adalah produk lokal, jika ingin  mendapatkannya mungkin harus mudik dulu hhe. Saya belum menganalisa lebih jauh tentang pemasaran dan letak pabriknya di mana hhe, tapi mungkin letaknya di Jawa Tengah, saya lihat dari iklannya, dari cuplikan temannya yang bilang "aduhh ! mobil" (iklannya bisa dilihat di bawah posting ini).


          Jadi inilah analisa yang saya buat, intinya MATRA adalah produk lokal dan dia mempromosikan produknya saat bulan puasa saja, dengan begitu orang - orang / perokok yang ingin mudik, yang juga sebelumnya sudah mendengar / melihat produk MATRA tersebut, akan merasa penasaran bahkan berharap semoga rokok MATRA ada di kampung halamannya. Bagi saya produk lokal ini cukup hebat dalam waktu dan penempatan iklan yang tepat, yaitu saat bulan puasa di mana orang- orang akan melakukan mudik. Saya mohon saran dan kritik dari anda atau sanggahan bila posting ini ada kesalahan (bisa langsung isi di kolom comment atau langsung di iShout, yang terletak di sebelah kiri), agar saya, anda dan mereka bisa tahu dan belajar lebih banyak lagi. Jika ada salah kata saya minta maaf, hanya ini yang bisa saya sampaikan :)


*satu tambahan dari Farid Aziz (kk ipar saya) bahwa promosi ini disebut sebagai Time Based Promotion yaitu promosi yang memanfaatkan waktu sebagai sarana yang tepat untuk memperkenalkan suatu produk. Selain menggunakan Time Based Promotion sebagai sarana promosi mereka ke masyarakat. Rokok Matra juga lebih diperkuat Brand Positioningnya dengan menggunakan sarana Event Promotion, seperti : Event Matra “Unjuk Gigi”,Matra “Tantang Jawara” ,Matra “Champion” dan Matra “Vaganza”.




6 komentar:

  1. saya jg setuju kalo iklan ini cukup hebat bisa melakukan penempatan waktu yg tepat..
    1 pertanyaan saya untuk iklan ini
    knp tidak mengambil latar blakang pedesaan ? tp malah perkotaan ?
    sedangkan kita yg melihat produk ini tidak tahu kalo ini adalah produk lokal..

    BalasHapus
  2. wahh tq mas galang !
    pertanyaannya bener juga tuh ! mungkin klo kata saya sih si MATRA ini targetny adalah orang - orang kota :D
    klo menurut mas sendiri ?

    BalasHapus
  3. ya cukup masuk akal sih kalo di targetkan untuk orang kota,
    dan iklan ini juga agak mirip sedikit dengan iklan rokok produk lain yah..

    BalasHapus
  4. iya ! memang mirip, klo saya bilang sih MATRA ini adalah plesetannya dari SAMPOERNA HIJAU hhe
    sekali lagi ! tq your cuap - cuapnya, sangat membatu :D

    BalasHapus
  5. Salut sama ide nya iam nampilin produk rokok yg jarang orang tahu,,, :D

    *ditunggu ide2 kreatif lain am hohohoho

    BalasHapus